Senin, 27 April 2009

kajian vaditas dan praktikalitas alat gerak melingkar beraturan serta efektifitas alat gerak melingkar beraturan dalam pembelajaran

ABSTRAK


Kesulitan siswa dalam memahami konsep gerak meingkar selalu menjadi pemasalahan dalam pembelajaran karena merupakan dasar dari pembelajaran selanjutnya. Kesulitan ini dikarenakan siswa tidak dapat menggambarkan konsep gerak meligkar tersebut secara nyata dalam fikiran mereka. Karna itu diperlukan adanya alat bantu belajar yang valid dan praktis sehingga dapat mengaktualisasikan konsep gerak melingkar tersebut secara efektif dalam pembelajaran. Kevalidtan alat gerak melingkar ini dilihat dari akurasi, presisi, keberulangan data, akurasi antara data hasil percobaan dengan teori yang ada. Kepraktisan alat ini dinilai oleh validator yang terbatas pada keberfungsian, ukuran, perawatan, kemudahan, keamanan, keterandalan, visibilitas internal, ekonomis, edukatif, sosiologis, dan waktu. Dan keefektifan alat belajar gerak melingkar beraturan ini ditinjau dari segi waktu yang dipakai dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh siswa.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan alat pembelajaran gerak melingkar khusus pada gerak melingkar beraturan. Langkah-langkah penelitian yang telah dilakukan adalah menemukan potensi masalah, pengumpulan data, disain produk, validasi disain, revisi disain, uji coba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, dan revisi produk.
Untuk melihat keterpakaian alat gerak melingkar ini dalam proses pembelajaran dilakukan uji coba di kelas X SMAN Plus Propinsi Riau.
Dari hasil penelitian terdapat bahwa alat gerak meligkar yang dikembangkan memiliki validitas yang sangat tinggi, praktis dan efektif jika digunakan dalam prores pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar